Aktivitas Jejakin Menanam Bibit Mangrove Untuk Bumi Kita

Sumber: dok pribadi

Tepat pada Sabtu, 28 Januari dan 8 Juli 2023, komunitas lingkungan yang bernama Jejakin, khususnya berfokus pada penanaman bibit mangrove melakukan aksinya bersama dengan para relawan dari berbagai usia. Mulai dari usia SMA hingga bekerja.

Pada Sabtu, 28 Januari 2023, komunitas yang biasa dipanggil climate defender ini menggelar aksi pertamanya menanam bibit mangrove di Kawasan Hutan Mangrove Muara Angke, PIK. Sekitar lebih dari 20 relawan, bersama turun ke rawa mangrove untuk menanam bibit mangrove. Walaupun hujan deras sebelumnya mengguyur dan rintik hujan yang jatuh di area konservasi hutan mangrove, tidak menggetarkan semangat para climate defender ini. Sekitar pukul 10 pagi hingga 1 siang mereka semua dengan senang hati menanam bibit mangrove. Caranya cukup mudah yaitu memasukkan bibit mangrove ke polybag yang terikat pada batang bambu, lalu kantung tersebut diikat dan bibit didorong ke dalam.

Tidak jauh berbeda pada aksi penanaman bibit mangrove pada Januari lalu, di hari lain pada 8 Juli 2023, Komunitas Jejakin bersama dengan Komunitas Jaga Laut dan Gereja Santa Maria, Paroki Bintaro Jaya melakukan aksi penanaman bibit mangrove sekaligus Beach Clean Up bersama sekitar 177 relawan. Mereka semua menjalani aksi menanam bibit mangrove yang telah disiapkan sekitar 4000 bibit dan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di pesisir pantai Tanjung Pasir, Tangerang yang tak terhitung jumlahnya. 

Dari pukul 9 pagi hingga 2 siang umat dan juga relawan turut serta berkontribusi dalam aksi memerjuangkan lingkungan terutama kawasan mangrove dan pantai Tanjung Pasir. Harapannya dari aksi peduli lingkungan ini, kita bisa lebih sadar tentang lingkungan yang semakin tercemar dan menimbulkan banyak bencana akhir-akhir ini. Tentunya dengan mengikuti kegiatan seperti ini, kita bisa turun langsung berpartisipasi dalam melestarikan bumi.***

Sumber: penulis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih Ingin Hidup di Bumi, Bukan?

Dalam Terik, Bersuara Membela Kritik yang Dikriminalisasi Oligarki

Plastic Campaigner with Environment Warriors!