Gini Jadinya Sepak Bola Disatukan dengan Politik: Teman Jadi Lawan

 

Haloo suporter Timnas Sepak Bola Indonesia! Bagaimana nih kabar kalian after war tiket? sudah dapat tiket belum? Kalau sudah, selamat yaa. Jika belum kedapatan tiket, it's ok guys, kita bisa nobar di tv masing-masing, hehehe...


Nah, intro kita di atas tadi merupakan rangkaian acara dari Piala Dunia U-20, yaitu friendly match antara Indonesia dan Argentina, guys. Tapi, penulis mau ajak kalian untuk menolak lupa kasus penolakan terhadap tim sepak bola Israel untuk bermain di Indonesia saat Piala Dunia U-20, nanti. Mereka yang menolak adalah para politikus Indonesia yang pro-Palestina, tapi bukan penggemar sejati timnas Indonesia, sehingga mementingkan kepentingan atmosfer politiknya tetap aman, tanpa memikirkan nasib anak bangsa yang berjuang di industri sepak bola. Weitss, tapi jangan terpancing dulu ya pecinta bola! Karena kita akan membahas nya dari 2 sisi.


Para suporter Indonesia dikecewakan karena keputusan Federation Internationale the football Association atau FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah piala Dunia u-20. Pembatalan ini lantaran Indonesia tidak terima jika salah satu negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik itu, ikut berpartisipasi dalam pertandingan di Indonesia. Apalagi negara yang dimaksud adalah negara yang tidak pro terhadap kemerdekaan. Suporter Timnas sepak bola Indonesia berkata bahwa jangan dikaitkan antara politik dengan olahraga termasuk sepak bola. 


Politik dan sepak bola adalah dua bidang yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Politik melibatkan pengambilan keputusan dan tindakan antara pemerintah dan individu yang berkuasa untuk mempengaruhi kehidupan masyarakat secara luas. Sementara sepak bola adalah olahraga populer yang dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia dan memiliki dampak yang signifikan terhadap budaya dan ekonomi. 


Polemik yang terus bergulir ini sudah jelas membuka mata kita bahwa memang pada dasarnya sepak bola sudah menjadi senjata politik yang ampuh. Ampuh dari sisi mana? Ampuh dari sisi ambisi pribadi politikus maupun ormas seperti yang telah terjadi di tanah air beberapa bulan lalu.


Ironinya, banyak orang yang selalu berbicara "Kick Politics Out of Football!" Bahkan, jargon ini juga terus didengungkan oleh penggemar sepak bola dari berbagai belahan dunia. 

Sumber video: YouTube Najwa Shihab 

Politik sudah sering menjadi "benalu" dalam sepak bola seperti yang dilakukan oleh para pejabat yang terang-terangan ingin mendapatkan dukungan dari fans saat mereka sudah selesai mengurus sepak bola lalu berpindah fokus ke salah satu pemilihan umum di sebuah daerah.


Tren yang terus terjaga dari tahun ke tahun ini telah menjadi fakta yang tidak bisa lagi dibantahkan bahwa politik kerap menggunakan sepak bola sebagai senjata mereka.


Sepak bola yang sebagai alat tunggang politik ini, dengan jelas menolak Israel bertanding di Indonesia. Tapi ada benarnya juga, bahwa kaum yang menolak kedatangan Israel menyuarakan isu kemanusiaan warga Palestina yang dijajah Israel. Tapi perlu diluruskan, bahwa jika kita menerima Israel untuk bertanding di Indonesia dalam piala Dunia u-20, telah menunjukkan isu kemanusiaan pula, bahwa tidak ada tindakan memojokkan negara tertentu (dalam hal ini Israel) dan mendukung semua negara untuk melangkah maju. 


Meskipun kedua bidang ini terlihat berbeda, dan banyak yang berkata tidak boleh disatukan, namun terdapat beberapa persamaan dan keterkaitan antara politik dan sepak bola. Kedua hal tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk mempersatukan atau justru memecah belah masyarakat, berikut pembahasannya:


1. Memperkuat atau melemahkan dukungan publik

Dalam politik, kebijakan dan retorika tertentu dapat digunakan untuk memperkuat atau melemahkan dukungan publik. 

Sementara dalam sepak bola, kemenangan atau kekalahan tim tertentu dapat memicu perasaan persatuan atau perpecahan antar suporter. 


2. Saling mempengaruhi dalam kebijakan publik

Seperti contohnya kebijakan pembangunan stadion atau pembentukan tim nasional. 

Selain itu para politisi dan pejabat pemerintah seringkali terlibat dalam dukungan terhadap tim nasional (timnas) atau klub sepak bola tertentu, dan terkadang dapat menggunakan kepentingan politik untuk memanfaatkan popularitas sepak bola.


3. Sebagai identitas nasional

Sepak bola telah menjadi sarana untuk memperkuat identitas nasional sejak awal abad ke-20. Sepak bola adalah olahraga yang dapat menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya dan sosial serta dapat mengarahkan kebanggaan nasional dan semangat persatuan. 

Politik Indonesia yang demokratis juga merupakan identitas bangsa. 


4. Sebagai sarana diplomasi

Sepak bola telah digunakan sebagai alat diplomasi olahraga oleh banyak negara. Pada 1967 misalnya, Indonesia menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional untuk memperkuat hubungan diplomatiknya dengan negara-negara Asia tenggara. 

Dalam politik, berdiplomasi adalah suatu hal yang jelas perbuatan politik untuk menjalin kerjasama antar negara. Tapi, seperti kasus penolakan yang dilakukan oleh para politikus Indonesia ataupun ormas terhadap Israel, telah beralasan kuat bahwa Indonesia tidak memiliki hubungan diplomasi dengan Israel. Hal tersebut yang patut dikhawatirkan untuk hubungan diplomasi Indonesia terhadap negara tersebut atau negara lainnya di masa depan. 

So nih guys, meningkatkan persiapan dan kerjasama antara FIFA dengan Indonesia adalah hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki situasi sepak bola Indonesia sekarang ini.

Persiapan yang baik, mulai dari urusan diplomasi ke berbagai negara serta perbaikan fasilitas olahraga ke arah yang lebih memadai, transportasi yang mudah, dan keamanan yang terjamin adalah hal yang perlu difokuskan untuk mendukung Timnas sepak bola maupun olahraga lainnya di Indonesia. 

Akhir kata, para pecinta bola dan teman-teman sekalian, tanpa perlu mengkotak-kotakkan kelompok tertentu, kita bisa menjadikan semuanya teman, bukan lawan.

So, yuk teman-teman pecinta bola untuk lebih meyuarakan bahwa antara politik dengan olahraga tidak perlu disatukan, karena olahraga merupakan hal untuk bersenang-senang!

Oh iya, ada lagu untuk memotivasi kita semua terutama dalam olahraga nih, happy listening, pecinta sepak bola Indonesia!

See yaaa!


Kita Bisa - Yovie and his friends 


Sumber: Kompasiana

Media Indonesia





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih Ingin Hidup di Bumi, Bukan?

Dalam Terik, Bersuara Membela Kritik yang Dikriminalisasi Oligarki

Plastic Campaigner with Environment Warriors!