GenZ Pilih Siapa ya, The Best Gundala Kalian di 2024?

 



   Heihoo GenZ! How are u? 2024 kita harus pilih siapa ya, capres dan cawapresnya? Yang gaul atau yang suka blusukan? Yang fashionable apa yang merakyat? Arghh, brain stock bangetZzz, huhu… mending turu, yagseyaa, zzz… Canda hehehe…

   Berdasarkan data dari survei Litbang Kompas, terdapat 53,8% pemilih Generasi Z dan milenial saat pemilu 2024 nanti. Wah, lebih dari setengah populasi pemilih ya, GenZ?

   Nah, maka dari itu perlu banget nih sosialisasi politik tentang seleksi capres dan cawapres yang kamu-kamu akan pilih nanti, nih! Walaupun penulis juga masih belajar banyak, kita tetap bakal pelajari bareng-bareng ya GenZ, tentang “Gimana sih Cara Bijak kita untuk Pilih Presiden dan Wakilnya yang Titisan Gundala Banget” hahaha… Let’s go kita ke tahap-tahapnya, GenZ!

   Tahap-tahap dalam menilai siapa Presiden dan wakil yang layak dalam membangun Indonesia selama 5 tahun ke depan, yaitu:

1.       Tak kenal, maka tak dekat. Tak dekat berarti tak sehati. Tak sehati berarti tidak dipilih, hihihi…

Kenali calon Presiden dan wakilnya.

Pelajari tentang visi dan misi, rekam jejak politik, kisah hidup dari setiap paslon Presiden dan wakilnya.

Don’t forget to read and watch their political platform in social media, guys.

Kenapa ini semua harus sich, GenZ? Yaps! Because we have to know well about ours Indonesian Leader for some years later, sehingga nantinya tidak merugikan rakyat Indonesia, gitu guys.

 

2.       Analisis program-program yang mereka usung

“Kami berjanji akan memberikan 1000 perumahan tertata kota sebagai hunian yang nyaman bagi masyarakat Indonesia, hidup paslon nomor 10!!!”

Hahaha… please guys, realistis aja deh kalau pilih capres dan wakilnya, yaks. Because what? Yaa, dari janjinya aja hanya menyejahterakan sebelah pihak, sementara bagaimana masalah keterbatasan lahan hijau dan hunian khusus untuk kaum marjinal?

 

3.       Mengenal lebih dengan karakteristik kepemimpinan mereka

Kalau mereka terlihat jago berpidato dan blusukan (a.k.a pencitraan), tapi ternyata oh ternyata mereka ‘ngiler’ juga kalau ada tawaran proyek yang menguntungkan mereka, tetapi merugikan kenyamanan dan kesejahteraan rakyat, yaah mengecewakan, like what he’s doing for me yang berujung pada kekaguman dan obsesi semata, hiyaa hiyaa…. Jangan sampai kita semua dikibulin dengan citra kepemimpinan mereka yang mantap di awal ya guys!

 

4.       Mendahulukan kebutuhan masyarakat, gak yah?

Pasti setiap pemimpin bertujuan untuk menyejahterakan kebutuhan masyarakat, baik jiwa maupun raga. Tapi, praktiknya… mereka lebih mementingkan posisi kekuasaan mereka dan para pengusaha. Kalau sudah related with kata ‘power’ atau kekuasaan, pasti deh menomorduakan kemanusiaan dan lingkungan. Kita mulai dari masalah lingkungan yang jarang dibahas ya, GenZ!

Menurut UNSfile, “Lingkungan hidup memiliki pengaruh besar bagi manusia karena merupakan komponen penting dari kehidupan manusia.”

Contohnya nih guys, Jokowi yang dalam misinya mencalonkan diri menjadi presiden pada kampanye 2019, mengungkapkan salah satunya yaitu “Mencapai Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”.

But, what’s about the reality, GenZ? 

Menurut GreenPeace, perizinan untuk sejumlah perusahaan sawit pada 2023 ini, di Boven Digoel, Papua Selatan, mengancam hutan adat dan ruang hidup mereka. Parah banget, kan guys? Rencana habisin hutan check, gak peduli check. Terus apanya yang berkelanjutan? Sudah jelas hal itu merusak kearifan lokal masyarakat adat dan merusak ekosistem hutan sebagai “Rumah” bagi tanah Papua, hadehh-hadehh

 

5.       Discussion Together

Diskusi atau ngobrol santai sambil nongky asik, juga worth it, lho GenZ! Apalagi talk about capres dan cawapres siapa yang pantas dipilih kita, is it the coolest topic ever, right?

Bisa bertukar pikiran dan opini, so makin mantap deh buat milih siapa yang bisa jadi “Gundala Zaman Now-nya Indonesia” wkwkw…

Ini ada website yang cocok banget, supaya kita bijak memilih para pemimpin negara BijakMemilih.id .

Kita sampai sini dulu ya, guys pembahasannya. As usual, I’m, the writer wanna give you one song (Imagine If - Gnash) and one video for you all!

Thank u so much! I love u all, guys!

Sumber: BangkaPos




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih Ingin Hidup di Bumi, Bukan?

Dalam Terik, Bersuara Membela Kritik yang Dikriminalisasi Oligarki

Plastic Campaigner with Environment Warriors!